Kandungan Vitamin Dalam Buah Strawberry

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Bentuk dan warnanya yang cantik, aromanya yang harum, serta rasanya yang manis - asam membuat buah ini memberikan banyak cerita bagi siapa saja. Buah strawberry bahkan sudah dijadikan sebagai lambang cinta sejak zaman Yunani Kuno dulu. Selain semua hal tadi, kandungan vitamin dalam buah strawberry juga tidak dapat dianggap remeh. Mungkin ini juga merupakan salah satu alasan mengapa buah yang berasal dari benua Amerika ini menjadi sangat spesial.

vitamin dalam buah strawberry

Vitamin C Dalam Buah Strawberry

Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi, bahkan kadarnya bersaing dengan buah jeruk. Vitamin C atau yang terkenal juga dengan sebutan asam sitrat atau asam askorbat dalam 1 porsi ( 8 biji ) buah strawberry diketahui lebih tinggi dari buah jeruk. Fungsi vitamin ini adalah untuk memelihara jaringan sel pada tubuh, menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin A, D, E, dan K Pada Buah Strawberry

Vitamin-vitamin lain yang terkandung dalam buah strawberry ini juga sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan tubuh secara umum. Vitamin A sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit, tulang, dan membran mukosa. Fungsi vitamin D (biasa didapat dari sinar matahari) kurang lebih sama juga. Dan kandungan vitamin ini cukup berlimpah dalam strawberry. Sedangkan vitamin E adalah penting untuk menjaga sel darah merah serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin K, yaitu vitamin yang bermanfaat untuk menggumpalkan darah (ketika kulit tubuh terluka).

Vitamin B Dalam Strawberry

Beberapa anggota keluarga dari vitamin B yang terkandung dalam buah ini antara lain adalah B1 / tiamin, B2 / riboflavin, B3 / niacin, B6, dan B12. Fungsi vitamin B dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum dapat dibilang cukup vital. Bermanfaat untuk berbagai elemen yang terintegrasi pada kesehatan fisiologis seperti sistem saraf pusat, metabolisme, fungsi jantung, serta saraf dan pertumbuhan badan.

Folat Pada Buah Strawberry

Satu lagi vitamin penting yang terkandung dalam buah strawberry adalah folat atau asam folat. Vitamin ini sangat vital dalam pembentukan DNA, pertumbuhan jaringan dan fungsi sel dalam tubuh, serta membantu vitamin B12 dalam pembentukan sel darah merah. Seperti diketahui, asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan folat sangat berbahaya dan dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan cacat.

0 komentar:

Posting Komentar