Teh Daun Strawberry Untuk Ibu Hamil

Pada artikel sebelumnya sudah disampaikan tentang manfaat buah strawberry untuk ibu hamil. Kali ini kita akan membahas bagian lainnya, yaitu daun strawberry. Mungkin belum banyak orang yang mengetahui jika daun strawberry kering dapat dijadikan sebagai teh. Dan bukan sembarang teh, karena teh daun strawberry mengandung aneka vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Mari kita bahas lebih lanjut kandungannya secara mendetail satu-persatu.

manfaat teh daun strawberry untuk ibu hamil

Kandungan Asam Caffeic

Mayoritas ibu hamil pasti akan mengalami yang namanya endema kehamilan, yaitu pembengkakan pada bagian tangan, kaki, dan wajah. Hal ini wajar terjadi karena tubuh ibu hamil akan memproduksi darah dan menumpuk air 50% lebih banyak dari biasanya untuk mendukung pertumbuhan bayi dalam rahim. Teh daun strawberry diketahui mengandung asam caffeic yang bersifat sebagai diuretik alami. Dan mengkonsumsi diuretik dalam jumlah sedang diketahui dapat mengurangi pembengkakan tersebut. Beberapa penelitian berkualitas telah menyimpulkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi diuretik tidak akan mempunyai masalah apa-apa dengan kehamilannya.

Kandungan Zat Tanin

Teh daun strawberry diketahui tinggi akan kandungan tanin dan ellagitanin, yaitu antara lain pedunculagin, flavonoid, agrimonin, proanthocyanin, asam salisilat, dan asam klorogenat. Fungsi tanin dalam tubuh adalah sebagai pertahanan terhadap mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Mungkin ini sepertinya sempurna bagi ibu hamil, namun tanin juga mempunyai efek samping. Sebuah penelitian menemukan jika tanin ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi. Seperti diketahui, zat besi adalah mineral yang sangat vital bagi ibu hamil. Kekurangan zat besi dapat membuat ibu hamil mengalami anemia, dan lebih lanjut lagi dapat menyebabkan keguguran.

Vitamin dan Mineral Dalam Teh Daun Strawberry

Vitamin C adalah vitamin yang sangat penting untuk perbaikan jaringan, mempercepat kesembuhan luka pada kulit, dan melindungi sel-sel pada tubuh. Vitamin ini tentu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dan selain terkandung dalam buahnya, ternyata daun strawberry juga menyimpan vitamin ini. Selain itu, teh daun strawberry juga diketahui mengandung sejumlah jejak mineral seperti zat besi dan lain-lain.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Menurut sebuah institusi kesehatan, buah strawberry masih berkerabat dekat dengan raspberry. Dan teh daun strawberry memiliki kandungan yang sama bermanfaatnya dengan teh raspberry merah. Selama ini para ahli pengobatan herbal banyak yang merekomendasikan kepada ibu hamil untuk meminum teh daun strawberry. Dipercaya teh ini dapat meningkatkan produksi air susu, mengurangi rasa mual, dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Namun walaupun begitu, belum terdapat cukup banyak bukti ilmiah yang dapat menguatkan klaim tersebut. Karena itu, bagi anda yang tertarik untuk mengkonsumsi teh daun strawberry saat hamil, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

0 komentar:

Posting Komentar