Buah Strawberry Dan Jerawat

Jerawat adalah permasalahan klasik yang pasti pernah atau sedang dialami oleh hampir seluruh manusia di bumi ini. Walaupun mungkin sudah diteliti selama puluhan tahun, namun hingga kini belum ada satupun obat jerawat yang cocok dan bisa mengatasi masalah jerawat semua orang. Alasannya sebenarnya sederhana, karena penyebab jerawat sangatlah kompleks dan beraneka ragam. Jerawat dapat disebabkan karena hormon, perawatan kulit yang salah, pola dan menu makan yang tidak baik, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Lalu apa hubungannya buah strawberry dengan jerawat? Mari kita bahas lebih lanjut lagi.

hubungan buah strawberry dengan jerawat

Latar Belakang

Berdasarkan studi yang dituangkan dalam buku "The Dietary Cure for Acne", ditulis oleh Prof. Loren Cordain Ph.D, masalah jerawat dikatakan berujung pada pilihan makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan-makanan yang rendah antioksidan serta karbohidrat yang cepat dicerna dapat berkontribusi terhadap perkembangan dan proliferasi jerawat. Karena itu, mengubah menu makan anda dengan memasukan makanan yang kaya antioksidan seperti buah strawberry dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah jerawat dari hidup anda.

Pentingnya Antioksidan Dalam Strawberry

Masuknya radikal bebas yang membuat cacat molekul akan menyerang dan melukai jaringan yang sehat. Ini diketahui sebagai kontributor yang paling umum pada masalah jerawat. Radikal bebas yang berlebihan akan merusak pori-pori kulit dan mengganggu kinerja kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak serta keringat. Dan antioksidan adalah pertahanan tubuh yang paling utama untuk melawan radikal bebas. Buah strawberry diketahui sebagai sumber yang sangat baik untuk antioksidan vitamin C. Setengah cangkir porsi buah strawberry segar diketahui dapat memenuhi hingga 82% dari kebutuhan vitamin C harian anda.

Nilai Indeks Glikemik

Makanan-makanan yang memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi akan dicerna dengan cepat oleh tubuh, sehingga akan memberikan dampak yang signifikan pada kadar gula darah dan insulin. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal "American Journal of Clinical Nutrition" edisi Juli 2007, makanan-makanan seperti itu dikatakan dapat meningkatkan gejala jerawat. Karena itu, mengkonsumsi makanan-makanan dengan nilai indeks glikemik rendah seperti buah-buahan segar (termasuk buah strawberry) adalah substitusi yang baik untuk mengatasi masalah jerawat.

Pertimbangan

Seperti yang telah dijelaskan pada awal artikel ini, penyebab jerawat sangatlah kompleks dan beraneka ragam. Dan cara mengobati jerawat yang terbaik adalah yang menyesuaikan dengan penyebab utamanya. Karena itu, mengkonsumsi buah strawberry tidak akan serta merta membuat anda terbebas dari masalah jerawat. Konsultasi dengan dokter kulit masih sangat diperlukan jika masalah anda memang serius.

0 komentar:

Posting Komentar